Masuk

Ingat Saya

Workshop BNPT “Tahun Damai di Dunia Maya Dalam Pencegahan Terorisme 2015”

 “Kelompok teroris itu sebenarnya minoritas, maka kita yang mayoritas seharusnya tidak hanya diam. Tidak hanya oleh BNPT atau densus 88, pencegahan terorisme akan lebih baik bila adanya keterlibatan seluruh stakeholder dari pemerintah sampai seluruh lapisan masyarakat, termasuk generasi muda”

— Dikutip dan disarikan dari Dirjen Pencegahan BNPT —

1-BNPT-Ballroom-Panghegar-Hajahsofyadotcom

BNPT (Badan Nasional Penanggulangan Terorisme) bekerjasama dengan Indonesia Backtrack Team menyelenggarakan Workshop yang bertajuk “Tahun Damai Di Dunia Maya 2015 Dalam Rangka Pencegahan Terorisme” pada hari Jumat, 3 Juli 2015 sejak pukul 14.00 hingga 20.00. Workshop yang bertempat di Grand Royal Panghegar Bandung ini merupakan event ke 4 dari seluruh rangkaian roadshow BNPT ke berbagai kota.

Workshop yang dihadiri oleh sebagian besar kalangan mahasiswa dan komunitas ini memang ditujukan terutama untuk mengingatkan para generasi muda mengenai peran pentingnya dalam pencegahan penyebaran paham terorisme di dunia maya. Dalam kegiatan ini disosialisasikan mengenai adanya produk baru terobosan BNPT yaitu situs-situs #portaldamai yakni : www.damai.id ; www.damailahindonesiaku.com ; dan www.jalandamai.org yang harapannya dapat dimanfaatkan oleh para generasi muda untuk menyebarkan pesan-pesan kedamaian.

Pribadi maupun komunitas yang telah mengikuti workshop dapat langsung mendaftarkan diri untuk mendapatkan domain sendiri (blog) untuk turut berkontribusi menyumbangkan artikel-artikel yang positif. Hadirnya situs-situs tersebut diharapkan dapat meng-counter beberapa situs radikal yang menebar kebencian serta paham terorisme yang mengganggu keutuhan NKRI.

Paparan yang diberikan secara langsung dari Direktorat Jenderal Pencegahan BNPT, Fachry Rozy dari Tim Pusat Media Damai BNPT serta dari Zico, founder Indonesia Backtrack Team memberi inspirasi dan pengetahuan lebih mengenai kegiatan terorisme dunia (khususnya Indonesia) yang kini semakin merambah dengan adanya media online. Adanya kemudahan dalam penggunaan internet, akivitas terorisme sudah tidak lagi mengenal batas wilayah dan situs-situs radikal yang dulu hanya sekitar 12 saja, kini sudah meningkat hingga lebih dari 9000 situs (2014).

Kegiatan yang berlangsung lancar dan interaktif ini juga dimeriahkan oleh hiburan livemusic bertema ramadhan santapan berbuka puasa yang spesial dari Hotel Panghegar, serta berbagai hadiah menarik bagi para peserta yang aktif bertanya, membuat akun damai.id, serta lomba kultweet dengan hashtag #portaldamai.

 Ayo bergabung dan ajak komunitasmu! 🙂

 

Kit Workshop sebagai pelengkap wawasan bagi peserta

Kit Workshop sebagai pelengkap wawasan bagi peserta

Dengan